Tugas
kewirausahaan
Kisah
pengusaha sukses
“Marwan
Hadid owner sop Durio”
Disusun
Oleh :
Nama
: Kadek Arista P.S
Kelas
: 2DA02
Npm
: 43217115
UNIVERSITAS
GUNADARMA
DIREKTORAT
BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN
AKUNTANSI
KOMPUTER
2019
Kisah
Sukses Marwan Hadid owner Durio yang memiliki 147 outlet
Sop Durian DURIO dibuka pada 3 Mei 2013 di Jalan Angin Mamiri Raya No.24
Depok 2 Tengah, Sop Durian DURIO sendiri mempunyai 3 owner, yaitu bang Muhammad
Marwan Hadid sebagai pencetus bisnis sop durian, bapak Ihsan Nur sebagai
produksi, dan bapak M. Arwan Fathimy sebagai pemodal.
Diawal masa jualan, DURIO hanya
bermodalkan gerobak bekas jualan ice cream, di Pinggir jalan. Satu bulan
setelah launching, Durio
mencoba menawaarkan waralaba. Namun belum ada yang tertarik, karena masih
banyak orang yang bingung apa itu sop durian dan menganggap prospek pasarnya
juga belum jelas. Tapi berkat silaturahmi dengan salah satu kenalan dokter,
bang Marwan mendapatkan mitra kerja pertama untuk Durio
Bu
Dewi mempunyai cara pandang tersendiri saat bermitra dengan
Durio, yaitu karena Durio belum ada yang mengenal, maka Durio dapat berpotensi
besar sebagai market leader. Untuk bermitra dengan Durio pada saat itu bu Dewi
cukup mengeluarkan dana Rp4.500.000 (harga promo) dengan harga normal
Rp5.000.000.
Hal ini membuat percaya diri owner Durio dalam menawarkan waralabanya.
Dibulan yang sama Durio telah mempunyai 3 rekan mitra. Saat ini sendiri, Durio
telah mempunyai 103 mitra dan akan terus berpeluang bertambah untuk kedepannya.
Sejalan dengan target yang ingin dicapai Durio, yaitu mempunyai mitra kerja
sebanyak 200 hingga akhir tahun 2014.
Untuk memulai usaha menjual sop durian, owner Durio
terinspirasi dari dirinya sendiri yang menyukai durian dan melihat market sop
durian yang begitu besar di Indonesia.Terkait pemilihan nama dalam bisnis,
owner Durio memiliki pendapat tersendiri, yaitu menghindari nama-nama yang
bermakna negatif.
Target Durio untuk lebih
produktif adalah mengembangkan industri durian dengan membuat Durio sebagai brand image. Selain itu Durio akan
menjadi market leader untuk selai durian dan pancake durian, serta
mengaplikasikan konsep Durio dalam mini resto.
Motivasi yang dapat diambil dari kisah sop
duren durio
Dari kisah Marwan Hadid saya
menjadi termotivasi dan dapat menarik kesimpulan bahwa tidak ada yang tidak
mungkin selagi ada kemauan dan kerja keras memiliki kemauan untuk terus belajar
dan menambah ketrampilan . Yang pada awalnya hanya berjualan ice cream durian
di pinggir jalan yang sekarang memiliki 143 outlet yang tersebar di Indonesia .
selain itu Marwan Hadid juga pengusaha yang
jeli dalam melihat pangsa pasar padahal pada saat itu jarang sekali ada
UKM yang berfikir untuk melakoni usaha sop durian .
Referensi
Komentar
Posting Komentar